MAKALAH ARSITEKTUR DAN
ORGANISASI KOMPUTER
|
DOSEN :
I Made Suartana, S.Kom, M.Kom.
|
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FALKUTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN”
JAWA TIMUR
2014
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis
panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan rahmat dan
karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya.
Makalah ini membahas hubungan komponen penting dalam komputer.
Dalam penyusunan makalah
ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan
dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Olehnya itu, penyusun
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah
membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang
setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.
Penyusun menyadari bahwa
makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya.
Kritik konstruktif dari pembaca sangat penyusun harapkan untuk penyempurnaan
makalah selanjutnya.
Akhir kata semoga makalah ini dapat
memberikan manfaat kepada kita sekalian.
Surabaya , April 2014
Penyusun,
DAFTAR ISI
COVER
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar
belakang
1.2. Tujuan dan
manfaat
BAB II PEMBAHASAN
2.1. Pengantar Sistem Komputer
2.1.1 Karakteristik Komputer
2.1.2 Generasi Komputer
2.1.3 Klasifikasi Komputer
2.2. Organisasi & Arsitektur Komputer
2.2.1 Organisasi Komputer
2.2.2 Arsitektur Komputer
2.2.3 Perbedaan antara Organisasi & Arsitektur
Komputer
2.3. Sistem Komputer
2.3.1 Komponen Komputer
2.3.2 Hubungan antar komponen pada komputer
2.4. Cache Memory
2.4.1 Pengertian cache memory
2.4.2 Fungsi Cache Memory
2.4.3 Jenis-jenis cache memory
2.5. Internal Memory
2.5.1 Pengertian Internal memory
2.5.2 Fungsi Internal memory
2.5.3 Jenis-jenis internal memory
2.6. External Memory
2.6.1 Pengertian EXternal memory
2.6.2 Fungsi External memory
2.6.3 Jenis-jenis External memory
2.7. CPU
2.7.1 Pengertian cpu
2.7.2 Fungsi CPU
2.7.3 Komponen-komponen CPU
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.LATAR BELAKANG
Arsitektur
Komputer membahas hal-hal yang berkaitan dengan atribut-atribut yang terlihat
atau yang dipertimbangkan oleh pemogram dan yang memiliki dampak langsung pada
eksekusi logis sebuah program. Dengan kata lain arsitektur computer membahas
masalah-masalah yang berkaitan dengan fungsi komponen-komponen computer. Contoh
atribut arsitektural adalah set instruksi, representasi data atau jumlah bit
yang digunakan untuk merepresentasikan jenis data, mekanisme input/output
(I/O), dan teknik pengalamatan memori.
Organisasi
Komputer membahas bagaimana semua fungsi-fungsi komputer tersebut dapat
diimplementasikan. Jadi, organisasi computer membahas hal-hal yang berkaitan
dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang mereliasasikan
spesifikasi arsitektural. Dengan kata lain, organisasi computer membahas
masalah-masalah yang berkaitan dengan struktur computer.
1.2. RUMUSAN MASALAH
a. Apakah yang dimaksud dengan
organisasi dan arsitektur komputer?
b. Bagaimana struktur komputer?
c. Bagaimana fungsi dari suatu
perangkat yang ada di komputer?
d. Bagaimana evolusi yang terjadi pada
komputer hingga sekarang?
1.3. TUJUAN
a. Menjelaskan tentang Organisasi &
Arsitektur Komputer
b. Menjelaskan tentang struktur dan
fungsi komputer
c. Menjelaskan tentang evolusi dan
kinerja komputer
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengantar Sistem Komputer ;
2.1.1
Karakteristik Komputer ;
Karakter
khusus bisa berupa kecepatan, akurasi dan sebagainya yang membedakan komputer
dengan perangkat lainnya. Karakteristik komputer bisa berupa
kelebihan atau kekurangan komputer itu sendiri.
-
Kecepatan
: Seperti yang Anda ketahui komputer dapat bekerja sangat cepat. Dibutuhkan
hanya beberapa detik untuk perhitungan yang jika dikerjakan oleh manusia
membutuhkan waktu berjam –jam untuk menyelesaikannya.Faktanya komputer dapat
melakukan jutaan (1.000.000) instruksi dan bahkan lebih per detik. Oleh karena
itu, kecepatan komputer dalam satuan mikrodetik (10-6 bagian per detik) atau
nanodetik (10 pangkat -9 bagian dari kedua). Dari sini bisa membayangkan
seberapa cepat komputer melakukan pekerjaan anda.
-
Akurasi
: Tingkat akurasi komputer sangat tinggi dan setiap perhitungan dilakukan
dengan akurasi yang sama. Tingkat akurasi ditentukan atas dasar desain
komputer. Kesalahan dalam komputer karena data manusia dan akurat.
-
Diligence
: Sebuah komputer bebas dari kelelahan, kurang konsentrasi, kelelahan, dll Hal
ini dapat bekerja selama berjam-jam tanpa membuat kesalahan. Jika jutaan
perhitungan harus dilakukan, komputer akan melakukan setiap perhitungan dengan
akurasi yang sama. Karena kemampuan ini mengalahkan manusia dalam jenis
rutinitas pekerjaan.
-
Multifungsi
: Ini berarti kapasitas untuk melakukan jenis yang sama sekali berbeda dari
pekerjaan. Anda dapat menggunakan komputer Anda untuk mempersiapkan slip gaji.
Saat berikutnya Anda dapat menggunakannya untuk manajemen persediaan atau untuk
mempersiapkan tagihan listrik.
-
Kekuatan Mengingat :
Komputer memiliki kekuatan menyimpan setiap jumlah informasi atau data. Setiap
informasi dapat disimpan dan dipanggil kembali ketika diperlukan, untuk setiap
bilangan tahun. Itu tergantung sepenuhnya pada Anda berapa banyak data yang
ingin Anda simpan di komputer dan ketika kehilangan atau mengambil data
tersebut.
-
Tidak ada IQ :
– Komputer merupakan mesin bodoh dan tidak dapat melakukan pekerjaan apapun
tanpa instruksi dari pengguna.Tetapi Komputer melakukan instruksi dengan
kecepatan yang luar biasa dan dengan akurasi. artinya Anda untuk memutuskan apa
yang ingin Anda lakukan dan bagaimana urutannya. Jadi komputer tidak dapat
mengambil keputusan sendiri.
-
Tidak ada Feeling
: Komputer tidak memiliki perasaan atau emosi, rasa, pengetahuan dan
pengalaman. Jadi tidak bosan bahkan setelah jam kerja yang panjang. Dan akan
bekerja dengan kondisi yang sama walaupun beda operator.
-
Penyimpanan
: Komputer ini memiliki memori yang built-in di mana komputer dapat menyimpan
sejumlah data yang besar. Anda juga dapat menyimpan data dalam perangkat
penyimpanan sekunder seperti disk, yang dapat disimpan di luar komputer dan
dapat di pindahkan ke komputer lain.
2.1.2
Generasi
Komputer
ü Komputer
Generasi Pertama
-
Abacus – 3000 BC
§ Nama lain adalah
Sempoa
§ Dapat digunakan
untuk perhitungan aritmatika
§ Masih digunakan
di beberapa wilayah Asia
-
Slide Rule
§ Slide Rule 1630
§ Berbasis pada
Napier’s rules logarithms
§ Digunakan sampai
tahun 1970-an
-
Jacquard Loom – 1801
§ Penyimpan
program pertama dengan metal cards
§ first computer
manufacturing
§ Masih digunakan sekarang
-
Analytical Engine (1792-1871)
§ Difference
Engine c.1822
§ Kalkulator
raksasa
§ Analytical
Engine 1833
§ Dapat menyimpan number
§ Menggunakan metal
card untuk instruksi
§ Memanfaatkan
tenaga uap
§ Akurasi sampai
enam desimal
ü Komputer generasi kedua
-
Transistor Pertama
§ Menggunakan Silicon
§ Dibangun tahun
1948
§ Memenangkan
sebuah hadiah Nobel
§ on-off switch
§ Generasi kedua
Komputer menggunakan Transistors, dimulai tahun 1956
-
Second Generation
§ 1956 – Komputer
menggunakan Transistors
§ Transistor
menggantikan vacuum tube
ü Komputer generasi ketiga
-
Integrated Circuits
§ Komputer
Generasi Ketiga menggunakan Circuits (chips).
§ Integrated
Circuits (IC) sekumpulan transistor, resistor, and capacitor yang
diintegrasikan dalam sebuah “chip”
-
Operating System
§ Berbentuk Software
§ Operating system
adalah
sekumpulan instruksi yang di-load setiap kali komputer dinyalakan
§ Program adalah
instruksi-instruksi yang di-load ketika dibutuhkan
-
Third Generation (1964-1971)
§ Integrated
Circuit
§ Operating System
§ Kecenderungan
memiliki bentuk lebih kecil dan harga lebih murah
ü Komputer
Generasi Keempat
-
The First Microprocessor – 1971
Intel 4004 Microprocessor
Intel 4004 Microprocessor
§ Microprosesor
Intel 4004 memiliki kapasitas 2,250 transistor
§ 108Khz
§ Dinamakan dengan
“Microchip”
-
4th Generation (1971- Sekarang)
§ MICROCHIPS!
What is a Microchip?
Ò Very Large Scale
Integrated Circuit (VLSIC)
É Gabungan
beberapa Transistor, resistor, dan capacitor
Ò Intel 4004
memiliki 2,250 transistor
Ò Pentium IV memiliki
42 JUTA transistor
É Masing-masing
transistor berukuran 0.13 micron (10-6 meters)
§ Kecenderungan
semakin sangat kecil
§ Kita masih
menggunakan microchip technology sekarang
-
Kelahiran Personal Computers – 1975
§ Memiliki 256
byte memory (bukan Kilobytes atau Megabytes)
§ Clock 2 MHz
Intel 8080 chips
§ Cost $395 kit,
$495 assembled.
-
IBM PC - 1981
§ IBM-Intel-Microsoft
joint venture
§ Komputer pertama
dengan penjualan terbanyak dalam bisnis
§ Menggunakan 8088
Microchip
o 29,000
transistor
o 4.77 Mhz
kecepatan proses
§ Memory 256 K RAM
(Random Access Memory)
§ Satu atau dua floppy
disk drives
-
Apple Computers
§ Dibangun tahun
1977
§ Apple II dirilis
1977
§ Digunakan di
banyak sekolah
§ Macintosh (left)
§ Dirilis tahun
1984, Motorola 68000 Microchip processor
§ Komputer
komersial pertama dengan graphical user interface (GUI) dan pointing
device (mouse)
-
1990-an : Pentium dan Power Mac
§ Awal tahun
1990-an dimulai penetrasi penggunaan komputer ke segala bidang : tiap meja
kerja, rumah, supermarket, dll
§ Lebih cepat,
lebih murah
§ Komputer sangat
membantu manusia
§ Windows 95
adalah sistem operasi pertama dengan tampilan GUI yang sangat menarik
§ Harga anjlok :
§ $2000 for entry
level to $500
§ $6000 for top of
line to $1500
-
21st Century Computing
§ Peningkatan yang
pesat pada speed, storage, dan memory
§ Meningkatkan
kinerja Jaringan dan kecepatan Internet
§ Muncul
Teknologi-teknologi
o CD-RW
o PDA
o Cell Phone/PDA
o Wireless
ü Komputer Generasi Kelima
(Sekarang – Masa depan)
Pada generasi
ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan
ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai
dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang
membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog
dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel
dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan
produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala
kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan
kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar
yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan
memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan
teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya,
arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor
yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi.
Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium 3.
Packard Bell iXtreme 4140i merupakan
salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor
dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB
digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP
Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processornya
dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan
dominan warna hitam dan abu-abu. Dibandingkan dengan PC lainnya, Pavilion
merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki
sebesar RDRAM 128 MB, Harddisk 30 GB dengan monitor sebesar 17 inchi.
2.1.3
Klasifikasi
Komputer
Berdasarkan unkuran
dan kemampuan komputasi ;
Ò Personal
computer:
Ukurannya
kecil, single-user komputer yang
didasarkan pada mikroprosesor. Selain mikroprosesor, komputer pribadi memiliki
keyboard untuk memasukkan data, sebuah monitor untuk menampilkan informasi, dan
perangkat penyimpanan untuk menyimpan data.
Ò Workstation:
Kuat, single-user komputer. Workstation
adalah seperti komputer pribadi, tetapi memiliki mikroprosesor lebih kuat dan
monitor berkualitas tinggi.
Ò Minicomputer:
Komputer multi-user yang mampu mendukung
10 sampai ratusan pengguna secara bersamaan.
Ò Mainframe:
Multi-user komputer yang kuat mampu
mendukung ratusan atau ribuan pengguna secara bersamaan.
Ò Supercomputer:
Sebuah komputer yang sangat cepat yang
dapat melakukan ratusan juta instruksi per detik.
2.2 Organisasi & Arsitektur Komputer
2.2.1
Organisasi
Komputer
Organisasi
komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit
operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer.
Contoh
aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
memori, dan sinyal – sinyal kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung pada
kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang
programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai
contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori
merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan
tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache
adalah kajian organisasional.
Jika
organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit
operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan
interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural contoh: teknologi
hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal–sinyal kontrol.
Atributnya: Hardware yang
terlihat oleh programmer
Ò Control signals
Ò Computer/peripheral
interface
Ò Memory
technology
2.2.2
Arsitektur
Komputer
Dalam bidang teknik komputer, Arsitektur
Komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari
suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan
rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat
keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal
ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan
terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram
keras,
dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue
Gene,
dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan
sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen
perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan
fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3
sub-kategori:
- Set instruksi (ISA)
- Arsitektur mikro dari ISA, dan
- Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Kata kunci
untuk arsitektur komputer:
- Design
- System
- Structure
- Art Tool Interface
2.2.3
Perbedaan antara
Organisasi & Arsitektur Komputer
Organisasi Komputer :
- Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional
- Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control
Arsitektur Komputer :
- Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
- Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
- Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional
- Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control
Arsitektur Komputer :
- Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
- Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
2.3 Sistem Komputer
2.3.1
Komponen
Komputer
-
Cashing
Sebuah komponen
komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard,
power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing
komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai
form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada
form factor motherboard yang didukungnya.
-
Power Supply
Ibarat sebuah mobil
yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer
pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau
PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang
berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya
seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya.
-
Motherboard /
Mainboard
Komponen komputer
tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya
seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya.
Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer
tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard
memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang
didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard
tersebut.
-
Processor
Jika sebuah komputer
diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia
tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen
komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan
perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari
tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard
kalian, apakah socket AM2, socket LGA, atau lain sebagainya.
-
RAM
RAM adalah singkatan
dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk
menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan
data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah
RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh
motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, DDR3 atau lain sebagainya.
-
Video card
Komponen komputer yang
berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor.
Sebelum membeli sebuah video card, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu
slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah slot PCI,
AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya.
-
Hard disk
Hard disk adalah
komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk
yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita
simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk kalian harus
mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh
motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.
-
Optical Disc
Drive
Walaupun tanpa sebuah
optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi rasanya
tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari
dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu
saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD,
yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive
ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya.
Sebelum membeli sebuah optical disk drive kalian harus mencari tahu dulu
interface apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SATA, atau
lain sebagainya.
-
Monitor
Monitor adalah komponen
komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video
card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor
CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang
lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena
monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan
lainnya yaitu hemat space dan hemat listrik.
-
Keyboard
Keyboard adalah sebuah
komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan
sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini memiliki model
bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat,
keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.
-
Mouse
Mouse adalah komponen
komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita
dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi.
Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse untuk keperluan
gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.
2.3.2
Hubungan antar
komponen pada komputer
Hubungannya ya jelas saling berhubungan
, karena tanpa adanya salah satu komponen mana mungkin sebuah pc dapat berkerja
sendiri. Karena ini kan bukan magic. Contohnya saja ketika ingin mengerjekan
skripsi , tanpa ada keyboard mana mungkin tulisan bisa menulis sendiri. Ya
kecuali masa depan mungkin saja saat berfikir dan tulisan bisa muncul di layar
monitor tanpa perlu menggunakan. Tapi ini masih jaman sekarang dimana masih
sangat membutuhkan keyboard untuk menulis.
2.4 Cache Memory
2.4.1
Pengertian cache
memory
Memory yang berukuran kecil yang
sifatnya temporary (sementara). Walaupun ukuran filenya sangat kecil namun
kecepatannya sangat tinggi. Dalam terminologi hadware, istilah ini biasanya
merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor
dengan memory utama (RAM) yang biasanya memiliki kecepatan yang lebih rendah.
2.4.2
Fungsi Cache
Memory
Sebagai
tempat menyimpan data sementara atau intruksi yang diperlukan oleh processor.
Secara gampangnya, cache berfungsi untuk mempercepat akses data pada komputer
karena cache menyimpan data atau informasi yang telah di akses oleh suatu
buffer, sehingga meringankan kerja processor. Jadi Bisa disimpulkan fungsi
cache memory yaitu:
-
Mempercepat
Akses data pada komputer
-
Meringankan
kerja prosessor
-
Menjembatani
perbedaan kecepatan antara cpu dan memory utama.
-
Mempercepat
kinerja memory.
2.4.3
Jenis/level
cache memory
·
Cache memori
level 1 (L1) adalah cache memori yang terletak dalam prosesor (cache internal).
Cache ini memiliki kecepatan akses paling tinggi dan harganya paling mahal.
Ukuran memori berkembang mulai dari 8Kb, 64Kb dan 128Kb.Cache level 2 (L2)
memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu berkisar antara 256Kb sampai dengan
2Mb. Namun cache L2 ini memiliki kecepatan yang lebih rendah dari cache L1.
·
Cache L2
terletak terpisah dengan prosesor atau disebut dengan cache eksternal.
·
Cache level 3
hanya dimiliki oleh prosesor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya
dualcore dan quadcore. Fungsinya adalah untuk mengontrol data yang masuk dari
cache L2 dari masing-masing inti prosesor.
2.5 Internal Memory
2.5.1
Pengertian
Internal memory :
Memory yang
dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Dalam hal ini yang disimpan di
dalam memori utama dapat berupa data atau program.
2.5.2
Fungsi Internal
memory ;
1.
Menyimpan data
yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and
Logic Unit) untuk diproses.
2.
Menyimpan daya
hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran Menampung
program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari peranti pengingat
sekunder.
2.5.3
Jenis-jenis
internal memory ;
§ ROM (Read Only Memory) :
Adalah perangkat
keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat
dibaca. Jenis memori ini datanya hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis
secara berulang-ulang. Memori ini berjenis non-volatile, artinya data yang
disimpan tidak mudah menguap (hilang) walaupun catu dayanya dimatikan. ROM yang
pernah beredar dan terpasang pada komputer, antara lain :
§ PROM (Progammable Read-Only-Memory)
§ EPROM (Erasable Programmable Read-Only-Memory
§ EEPROM (Electrically Erasable Programmable
Read-Only0Memory)
·
RAM (Random
Access Memory)
Merupakan jenis memori
yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan sebagai suatu
penyimpanan data yang dapat dibaca atau ditulis dan dapat dilakukan secara
berulang-ulang dengan data yang berbeda-beda. Jenis memori ini merupakan jenis
volatile (mudah menguap), yaitu data yang tersimpan akan hilang jika catu
dayanya dimatikan.
Karena alasan tersebut,
maka program utama tidak pernah disimpan di RAM. Random artinya data yang
disimpan pada RAM dapat diakses secara acak. Modul memori RAM yang umum
diperdagangkan berkapasitas 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, dan 4 GB.
RAM dibagi lagi menjadi
dua jenis, yaitu jenis Statik dan Dinamik.
RAM statik
menyimpan satu bit informasi dalam sebuah flip-flop. RAM statik biasanya
digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang tidak memerlukan kapasitas memori RAM
yang besar.
RAM dinamik
menyimpan satu bit informasi data sebagai muatan. RAM dinamik menggunakan
kapasitansi gerbang substrat sebuah transistor MOS sebagai sel memori
elementer. Untuk menjaga agar data yang tersimpan RAM dinamik tetap utuh, data
tersebut harus disegarkan kembali dengan cara membaca dan menulis ulang data
tersebut ke memori. RAM dinamik ini digunakan untuk aplikasi yang memerlukan
RAM dengan kapasitas besar, misalnya dalam sebuah komputer pribadi (PC).
Jenis - Jenis RAM ;
-
D RAM (Dynamic Random Access Memory)
-
S RAM (Static Random Access Memory)
-
EDO RAM (Extended Data Out Random Accses Memory)
-
FPM RAM (Fast Page Mode DRAM)
-
SD RAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory)
2.6 External Memory
2.6.1
Pengertian
EXternal memory :
Suatu tempat atau sarana
yang bisa digunakan komputer untuk menyimpan data ataupun program. Dengan
demikian, external memory mempunyai fungsi yang hampir sama dengan internal
memory. Hanya bedanya, internal memory terletak didalam CPU, external memory
berada diluar CPU.
2.6.2
Fungsi External
memory
Menyimpan data bersifat tetap (non
volatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak.
Juga sebagai penyimpan permanen untuk membantu
fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi
bagi penggunaan jangka panjang.
2.6.3
Jenis-jenis
External memory
1.
Berdasarkan
Jenis Akses Data
Berdasarkan jenis aksesnya memori eksternal dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu :
Berdasarkan jenis aksesnya memori eksternal dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu :
a.
DASD (Direct
Access Storage Device) di mana ia mempunyai akses langsung terhadap data.
Contoh :
* Magnetik (floppy disk, hard disk).
* Removeable hard disk (Zip disk, Flash disk).
* Optical Disk.
Contoh :
* Magnetik (floppy disk, hard disk).
* Removeable hard disk (Zip disk, Flash disk).
* Optical Disk.
b.
SASD (Sequential
Access Storage Device) : Akses data secara tidak langsung
(berurutan), seperti pita magnetik..
(berurutan), seperti pita magnetik..
2.
Berdasarkan
Karakteristik Bahan
Berdasarkan karakteristik bahan pembuatannya, memori eksternal digolongkan menjadi beberapa kelompok sebagai berikut:
Berdasarkan karakteristik bahan pembuatannya, memori eksternal digolongkan menjadi beberapa kelompok sebagai berikut:
a.
Punched Card
atau kartu berlubang
Merupakan kartu kecil berisi lubang-lubang yang menggambarkan berbagai instruksi atau data. Kartu ini dibaca melalui puch card reader yang sudah tidak digunakan lagi sejak tahun 1979.
Merupakan kartu kecil berisi lubang-lubang yang menggambarkan berbagai instruksi atau data. Kartu ini dibaca melalui puch card reader yang sudah tidak digunakan lagi sejak tahun 1979.
b.
Magnetic disk
Magnetic Disk merupakan disk yang terbuat dari bahan yang bersifat magnetik, Contoh : floppy dan harddisk.
Magnetic Disk merupakan disk yang terbuat dari bahan yang bersifat magnetik, Contoh : floppy dan harddisk.
2.7 CPU
2.7.1
Pengertian CPU :
Singkatan dari Central Processing Unit
adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan
perintah dan data dari perangkat lunak. Prosesor sering digunakan untuk
menyebut CPU pada umumnya.
2.7.2
Fungsi CPU
CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya
saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah
melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori
atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti
papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan
sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer.
2.7.3
Komponen-komponen
CPU
1.
Motherboard
2.
RAM
3.
Processor
4. Harddisk
5. VGA
6. CD-
ROM
7. LAN
CARD
8. Sound
Card
9. Fan
10. Power
supply
11. Casing
BAB III PENUTUP
Kesimpulan
Organisasi dan arsitektur komputer ini membahas tentang 2 hal.
Pertama tentang arsitektur atau bentuk dari sebuah komputer yang dimana bentuk
dari computer itu di disagn sebagaimana rupa agar terlihat lebih ringkas dimana
dulunya computer bentuk hampir seperti ruang kelas. Dan yang kedua tentang
organisasi tentang divace divace yang ada pada komputer yang fungsinya untuk
melakukan pengoprasian sesuai user.
DAFTAR
PUSTAKA
10.
Ppt dari Bapak dosen
mksih atas makalah ny..
BalasHapussngat terbantu dlm mnjlankan tugas kuliah :D
Samasama kak, berbagi itu indah :)
Hapus